[Match Report] Ayam Jantan ditekuk Ayam Kinantan

Laga penutup pekan ke-17 Gojek Liga 1 2018 mempertemukan dua tim yang sudah mengakar sejak era Perserikatan antara tim Ayam Kinantan demikian julukan PSMS Medan kala bersua tamunya tim Ayam Jantan dari Timur, PSM Makassar.

Meski sempat diwarnai insiden mati lampu hingga menyebabkan laga ditunda untuk beberapa saat, namun tidak mengurangi tensi pertandingan di lapangan yang juga diguyur hujan. Kedua tim yang bermain dalam tempo tinggi dibuka dengan peluang yang diperoleh Bruce Djite setelah menerima umpan terukur dari Zulham Zamrun, meski berhasil lepas dari kawalan pemain belakang PSMS Medan namun masih mampu diamankan penjaga gawang Abdul Rohim.

Belum genap 12 menit laga berjalan, namun telah menghasilkan dua gol. Dibuka dengan sebuah skema serangan dibangun PSM Makassar dari sisi kanan melalui Rizky Pellu yang melepaskan sebuah umpan silang dan berhasil disundul oleh M.Rahmat untuk memberi keunggulan bagi tim tamu. Tidak ingin malu di hadapan pendukung fanatiknya, PSMS Medan menyamakan kedudukan melalui tembakan jarak jauh dari sang kapten Legimin Raharjo untuk merobek jala Syaiful yang gagal mengantisipasi datangnya bola.

Sebuah kombinasi serangan melalui Zulham Zamrun melepaskan umpan kepada Wiljan Pluim yang kemudian memberikan umpan tarik kepada Rizky Pellu namun tembakannya masih mampu diblok M. Roby, bola liar yang dihalau tersebut mengarah kepada Hasyim Kipuw tetapi kali ini berhasil diamankan Abdul Rohim.  

Belum genap semenit bermain, Marko Kabiay mengirimkan sebuah umpan lambung dari sisi sebelah kiri pertahanan PSM Makassar berhasil menemui Wilfried Yessoh namun tidak mampu dimanfaatkan untuk merubah papan skor. Tuan rumah yang bermain pantang menyerah mendapatkan penalti setelah terjadi insiden saat Abd. Rahman menjatuhkan Antoni Nugroho, maju sebagai eksekutor Reinaldo Lobo sukses memberikan keunggulan bagi Ayam Kinantan melalui eksekusi penaltinya yang mengecoh Syaiful

Mencoba mengejar ketertinggalan, Asnawi Mangkualam yang baru masuk di babak kedua melepaskan umpan terobosan yang ditujukan kepada Wiljan Pluim, berhasil melakukan tusukan yang diakhiri dengan melepaskan umpan namun sundulan dari Guy Junior menyambut umpan tersebut masih melebar.

Bermain efektif sepanjang laga, Legimin Raharjo kembali menjadi mimpi buruk bagi PSM Makassar. Berawal dari pelanggaran Asnawi Mangkualam kepada Abdul Azis, tendangan bebas yang dieksekusi pemain bernomor punggung 24 ini berhasil melewati pagar betis dan menghujam sisi kanan gawang yang dikawal Syaiful sekaligus mencetak gol untuk kedua kalinya pada malam hari ini.

 

PSMS MEDAN: Abdul Rohim; Roni Fatahilah, Reinaldo Lobo, M.Roby, Firza Andika, Fredyan Wahyu (Marko Kabiay 68’); Legimin Raharjo ©, Abdul Azis (Rahmat Hidayat 90+4’), Erwin Ramdani, Antoni Nugroho; Wilfried Yessoh.

 

PSM Makassar: Syaiful; Hasyim Kipuw, Steven Paulle, Abd.Rahman, Reva Adi Utama; Rasyid Bakri (Asnawi Mangkualam 80’), Rizky Pellu, Wiljan Pluim ©; Zulham Zamrun, M.Rahmat (Ferdinand Sinaga 62’), Bruce Djite (Guy Junior 40’)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *