[Match Report] Pahlawan itu bernama Abdul Rahman

Partai bergengsi digelar dalam lanjutan pekan ke-12 Gojek Liga 1 2018 mempertemukan dua tim besar dari Indonesia Timur, Persipura Jayapura melawan tamunya PSM Makassar.

Duel yang berlangsung dengan tempo pelan di awal laga, namun pelan-pelan berlangsung tinggi dengan jual-beli serangan yang dibangun kedua kubu. Persipura Jayapura melalui legiun asingnya asal Brazil, Marcel Sacramento berkali-kali memiliki peluang bersih di depan gawang namun masih belum mampu menggetarkan jala PSM Makassar yang dijaga Rivky Mokodompit.

Sementara Peluang terbuka dari PSM Makassar datang melalui sontekan dari Guy Junior namun juga belum mampu mengubah kedudukan di babak pertama.
Duel yang sengit sepanjang pertandingan, nyaris memakan korban andai saja tim medis tidak bergerak cepat dalam melakukan penanganan kepada Hilton Moreira yang kembali mampu melanjutkan pertandingan.

PSM Makassar membuka peluang di babak kedua saat umpan terobosan Wiljan Pluim berhasil diterima oleh Rizky Pellu yang meski berada dalam pengawalan lawan namun mampu melepaskan tendangan yang masih membentur tiang gawang
Boaz Solossa yang masuk di babak kedua nyaris membuka keunggulan tuan rumah saat sepakannya berhasil diblok Abd.Rahman setelah menerima bola liar hasil sundulan dari Hilton Moreira yang menghasilkan kemelut di muka gawang dari PSM Makassar
Menerima sebuah umpan lambung dari rekannya, Hilton Moreira yang bergerak di sisi kanan pertahanan PSM Makassar melakukan sebuah tusukan dan berhasil melepaskan sebuah tembakan yang berhasil ditepis oleh Rivky Mokodompit dan menghasilkan bola liar yang mengarah kepada Gunansar Mandowen namun sundulannya masih melebar.

Boaz Solossa yang kembali melakukan aksi individu di dalam kotak pinalti PSM Makassar, diakhir dengan sebuah umpan mendatar yang menggelinding tanpa mampu disontek oleh rekan-rekannya hingga bola tersebut kembali dieksekusi oleh Hilton Moreira namun kali ini gagal diantisipasi dengan sempurna oleh Rivky Mokodompit sehingga menghasilkan sepak pojok.
Sepak pojok inilah yang kemudian menghasilkan kemelut yang gagal diantisipasi dengan sempurna oleh pemain-pemain PSM Makassar, saat umpan silang David Rumakiek diterima dengan dada oleh Hilton Moreira yang diarahkan kepada Marcel Sacramento yang berhasil mengecoh Steven Paulle dan diakhir dengan tembakan yang meluncur deras untuk memberikan keunggulan bagi tuan rumah.

 

Saat laga seperti akan berakhir untuk keunggulan tim Mutiara Hitam, PSM Makassar kembali diselamatkan oleh Abd. Rahman. Sepak pojok yang dilepaskan Rasyid Bakri berhasil disundul oleh Abd.Rahman yang melompat tanpa pengawalan dan sekaligus memberikan satu poin berharga dari tanah Papua.

 

Persipura Jayapura: Dede Sulaiman; Tinus Pae, Ricardo Salampessy (Imanuel Wanggai 59’), Anis Tjoe, David Rumakiek; Andri Ibo, Gunansar Mandowen (Todd Rivaldo Ferre 81’), Ian Louis Kabes ©; Friska Womsiwor (Boaz Solossa 64’), Hilton Moreira, Marcel Sacramento

PSM Makassar: Rivky Mokodompit; Hasyim Kipuw, Steven Paulle, Abd.Rahman, Reva Adi Utama (Fauzan Jamal 90+3’); Rasyid Bakri, Rizky Pellu, M.Arfan; Wiljan Pluim ©, Saldi (Heri Susanto 66’), Guy Junior (Ferdinand Sinaga 60’)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *