4nniversary PSM FANS

Andi Agung KA

Andi Agung KA

Pecinta sepakbola lokal, fans PSM Makassar
Andi Agung KA

Latest posts by Andi Agung KA (see all)

Semua yang mencintai PSM tentu berhak menjadi dan mendaku diri sebagai PSM FANS tapi tidak banyak yang mampu menjadi individu atau kelompok yang tidak hanya sekedar mencintai saja.

PSM FANS adalah ide gagsan untuk bergerak bersama memberikan dukungan penuh ke klub sepak bola PSM Makassar, bukan hanya di saat menang dan kalah, bertabur bintang atau tidak, PSM Fans adalah gerak untuk terus menerus melampaui itu semua menerabas ruang-ruang batas.

Empat tahun sudah kolektif ini bertumbuh bersama ide, gagasan dan gerak nyata yang terus kita semai dari kopdar ke kopdar, dari pertandingan ke pertandingan, tidak jarang suara sumbang datang di antara kita sesama pencinta PSM tapi tidak jarang juga pujian mengalir diantarnya. Benar adanya ungkapan bahwa, “Kelahiran suatu pikiran sering menyamai kelahiran seorang anak. Ia didahului dengan penderitaan-penderitaan pembawaan kelahirannya”.

Ketersinggungan, ketidakenakan, dan ketidaksepahaman tidak jarang melingkupi kolektif kita tapi tidak jarang juga bahagia yang meluap-luap merayakan gol penentu kemenangan terselip diantaranya. Besama berduyun-duyun menuju stadion, meninggalkan pekerjaan demi mendukung tim kebanggan kita di kandang lawan.

Menjadi bagian terakhir dalam merayakan kemenangan, danĀ  menjadi yang pertama saling menguatkan ketika mendera kekalahan itulah bagian kecil dari cinta yang kita maksud dalam kolektif ini.

Yah kolektif ini bukan milik satu orang bukan saya atau kamu tapi kita semua, kolektif ini tidak asal menyanyikan lantang “Satu Rasa Sama Rata” nyanyian ini adalah upaya memaknai kembali semangat kesamarataan kita sebagaiĀ  counter terhadap penindasan antara satu individu dengan individu lainnya yang semakin nyata dalam kehidupan sosial di dalam maupun luar stadion.

Akhir kata, Mendaku diri PSM FANS itu mudah menjadi bagian kolektifnyalah yang butuh usaha. Selamat hari jadi buat Kolektif kita, selamat menyongsong kemenangan menuju kejayaan.