Richard Knopper: Dari PSM Makassar Untuk Timnas Belanda U16

Richard Knopper mantan pesepakbola kelahiran Rijswijk, 29 Agustus 1977 memulai karier sepakbola juniornya bersama RVC Rijswijk pada tahun 1988 kariernya melejit saat hijrah ke klub besar Ajax Amsterdam pada tahun 1997. Sebagai pesepakbola yang masih berusia muda ia mampu menarik perhatian tim pelatih dan suporter berkat penampilannya yang luar biasa sebagai Gelandang. Bahkan prestasi yang luar biasa didapatkannya pada tahun 1999 yang terpilih sebagai pemain favorit bertalenta pilihan suporter Ajax Amsterdam dan mampu meraih trofi Marco Van Basten sebagai prestasi individunya. Setelah bermain bersama Ajax Amsterdam akhirnya pada tahun 2004 ia memilih hijrah dan bermain di beberapa klub di negeri kincir angin tersebut dan pada tahun 2007-2010 ia berkarier bersama ADO Den Haag dan disitulah namanya mulai dikenal oleh pecinta Eredivisie berkat penampilan menawannya 85 pertandingan dengan 17 gol saat akan meninggalkan tim tersebut ia bahkan mendapatkan upacara perpisahan yang dilakukan oleh klub saat sebelum kick off pertandingan ADO Den Haag.
Pada tahun 2011 ia akhirnya berpetualang di Asia dan memilih Indonesia sebagai pelabuhannya ia bermain bersama klub PSM Makassar yang saat itu berada dibawah asuhan pelatih dari Belanda juga Coach Wim Rijsbergen bersama PSM Makassar ia tampil cukup luar biasa dengan 16 pertandingan dan 2 gol ia bahkan sudah sangat jatuh cinta dengan Kota Makassar namun karena kondisi sepakbola nasional yang saat itu terjadi dualisme kompetisi membuat ia kembali ke Belanda dan bermain bersama VV.Haaglandia dan gantung sepatu. Kecintaannya terhadap PSM Makassar terlihat saat ia ikut membantu mempromosikan PSM Makassar pada suatu acara di tahun 2012 bersama CEO PSM Makassar, Rully Habibie di Den Haag.
Setelah pensiun, ia akhirnya diangkat sebagai pelatih di tim junior ADO Den Haag mulai dari level U15,U17 dan per Juni 2015 kemarin ia resmi menjadi pelatih kepala ADO Den Haag U18 bahkan berkat kepiawaiannya dalam melatih tim junior membuat KNVB menaruh kepercayaan kepadanya dan pada September 2015 kemarin ia resmi merangkap sebagai asisten pelatih Timnas Belanda U16.

Sukses terus untukmu KNOPPER kamu akan selalu ada di hati kami #EWAKO